Rabu, 25 Juli 2018

Keindahan Pantai Nambo, Memukau wisatawan Lokal Sulawesi Tenggara



Pantai Nambo,di kelurahan Nambo, Abeli kota kendari

Kota Kendari yang terkenal dengan teluknya, ikannya yang segar, serta pemandangan Pantai Nambo yang memukau menjadi daya tarik bagi warga kota kendari dan warga kota lainnya untuk berwisata ke pantai Nambo, pantai ini dapat di jumpai 15 km dari kota kendari dengan waktu tempuh selama 15 menit menggunakan kendaraan roda empat.

Lokasinya berada di kelurahan Nambo, kecamatan Abeli kota Kendari, sebuah kelurahan yang banyak di penuhi oleh pepohonan kelapa, menjadi salah satu sumber penghasilan bagi warganya, terutama buah kepala muda yang di jual kepada wisatawan yang berkunjung di pantai Nambo setiap hari .
Pantai ini sangat cocok untuk tujuan wisata bagi anda sekeluarga, menikmati keindahan pantai pasir putih bersama keluarga merupakan suatu kebahagiaan yang tidak dapat dibandingkan dengan uang,  anggota keluarga anda bebas bermain pasir, berenang di laut biru untuk menghilangkan kejenuhan dan kepenatan.
Di atas kawasan pantai nambo terdapat beberapa Gazebo dan rumah yang dapat di sewa untuk tempat beristrahat bagi keluarga anda serta kolega anda saat berada di sana, dari atas rumah panggung dapat anda lihat pemandangan hamparan pasir putih dan gelombang laut biru yang memanjakan mata, serta gerombol-gerombol kecil dari pengunjung yang ada di pantai nambo.

Anda dan anggota keluarga dapat dengan leluasa berenang di laut dangkal di pesisir pantai nambo  yang jernih kebiru-biruan dan pepohonan menambah suasana nyaman bagi para pengunjungnya, demikian pula sugukan Air kelapa muda yang menyegarkan kerongkongan anda, dapat di peroleh di lapak-lapak penjual minuman segar dengan harga terjangkau.

Keindahan pantai Nambo tidak terlepas dari peran pemerintah kota kendari bersama masyarakat yang bermukim di kelurahan nambo, bahu-membahu menjaga lingkungan kawasan pantai tetap terjaga dari tumpukan sampah dan kerusakan pantai sehingga masih terus dikunjungi oleh warga kota kendari dari berbagai lapisan tidak terkecuali anak-anak.

Ina si bungsu, enggan meninggalkan pantai nambo,http://ekonomiberbagi.com/ august 017
Mereka dengan riang akan berlama-lama berendam di air laut pesisir pantai Nambo dengan menggunakan ban-ban bekas yang disewakan oleh warga yang bermukim di sekitar pantai Nambo. keberadaan pantai ini telah membuka usaha penjualan minuman segar, Air kelapa muda dan penyewaan ban bekas  yang di kelola langsung oleh para warga sekitar Nambo bekerjasama dengan Pemerintah kota kendari sebagai pengelola tempat wisata di kelurahan Nambo.

Sebagai tempat wisata yang di kelola oleh pemerintah kota kendari, berbagai fasilitas terus di bangun dari tahun ke tahun untuk melayani kebutuhan para pengunjung terutama fasilitas air bersih dan WC umum yang bersih dan nyaman di gunakan.

Saat kami di sana beberapa pengunjung harus rela antri menunggu giliran untuk menggunakan fasilitas kamar mandi dan WC itupun harus mengeluarkan biaya dengan tarif Rp5.000 per sekali penggunaan, pengenaan tarif mungkin bagian dari SOP pengelolaan tempat wisata, selain tarif biaya masuk per orang atau per kendaraan.

Selain itu bagi pengguna kendaraan pribadi di kenakan biaya parkir dengan tarif Rp5.000/kendaraan roda empat , yang di jaga oleh masyarakat sekitar  sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat sekitar tempat wisata pantai dari pemerintah kota.

Semoga pantai Nambo, tetap terus menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Sultra dan wisatawan dari berbagai kota di Indonesia , serta wisatawan mancanegara sehingga pundi-pundi pendapatan bagi pemerintah kota dan masyarakat kelurahan Nambo ikut meningkat pula. akan tetapi untuk menjadi tujuan wisata berkelas sekelas Wakatobi maka pantai Nambo harus terus di benahi kekurangannya, sekaligus terus dipublikasikan melalui media cetak, media online dan media TV oleh pemerintah kota kendari.

Bagi anda yang ingin berwisata di area pantai pasir putih, ada baiknya mengunjungi pantai Nambo yang memukau di pandang mata, sekaligus menurunkan stres yang anda alami.

sekelumit pengalaman saat berkunjung di pantai Nambo, Medio Agustus 2017.


 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar