Kamis, 19 Juli 2018

Cara menyemai biji Kurma menjadi Bibit




Dewasa ini banyak kawan-kawan petani bahkan para pensiunan PNS sedang tertarik untuk mengembangkan Kurma sebagai tanaman yang akan dibudidayakan di lahan-lahan mereka. Ketertarikan ini bukan tidak beralasan , ternyata Petani Thailand telah berhasil memanen buah kurma dari kebun mereka dan menjualnya di Indonesia sebagai pasar yang paling potensial di Asia. Namun karena keterbatasan modal untuk membeli bibit dan keterbatasan pengetahuan cara pembuatan bibit maka impian untuk menanam tanaman kurma belum dapat dilaksanakan.
Mencermati kegalauan kawan-kawan, saya mencoba membeli buah kurma dipasaran, selanjutnya setelah biji kurma bersih dari daging ( setelah di makan hehe) saya mulai mempraktekan sedikit pengetahuan saya untuk menyemai biji Kurma tersebut,
Caranya :
1. Bersihkan biji kurma dari daging dengan cara mencuci biji dengan air bersih, lalu rendam kedalam wadah plastik atau botol bekas air mineral selama 5 hari. akan tetapi setiap hari harus diperiksa di kocok lalu airnya di ganti dengan air bersih.
2. Biji yang telah bersih di masukan ke dalam wadah transparan yang dilapisi dengan tissuem selanjutnya di tutup dan di simpan di tempat yang aman dan mudah dijangkau untuk pemeriksaan.
3. Setelah biji kurma mengeluarkan bintik putih pada bagian belakang, selanjutnya dibiarkan sampai membentuk akar sepanjang 2-3 cm.
4. biji yang telah  membentuk akar di pindahkan ke dalam
polybag yang telah disiapkan sebelumnya dengan komposisi media : sekam bakar ; pasir dan tanah  perbandingan 1 : 1 : 1 ; polybag ini telah di isi selama 1 minggu.
5. selanjutnya biji kurma yang telah di benamkan di dalam polybag di sungkup dengan plastik bening agar tidak terganggu dengan serangga pengganggu dan suhu dipertahankan.
Biji kurma yang telah bersih di masukan di wadah
biji yang telah tumbuh 

Biji kurma telah tumbuh dgn tunas di polybag
Setelah biji Kurma tumbuh di polybag maka selanjutnya dilakukan penyiraman setiap 2 hari sekali dengan catatan tunas tidak terkena percikan air. untuk menghindari semut dan rayap sebaiknya di sekitar polybag di bersihkan dan di taburi dengan pembasmi serangga seperti Furadan 3G.

Untuk membuat bibit yang unggul sebaiknya menggunakan biji dari Kurma Tropis seperti yang dikembangkan di Tailand.
Demikian cara mudah menyemai biji sampai tumbuh di polybag, semoga bermanfaat dan menginspirasi kawan-kawan.

Salam sukseshttp://ekonomiberbagi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar