Minggu, 27 September 2020

Menghadapi masa pandemi covid-19

Corona ?????,

Awal tahun 2020, tepatnya bulan Januari saya menonton di salah satu chanel tv  yang ada di Indonesia bahwa ada virus berbahaya yang lagi menyerang negeri tirai bambu tepatnya di Wuhan...setiap malam sajian informasi tentang virus menghiasi semua tayangan tv dalam negeri.

Dan pada saat bersamaan pula, para pihak (Pemerintah, pengamat virus, bahkan Kemenkes) waktu itu menjelaskan bahwa virus yang menyerang Wuhan adalah jenis Corona dan belum masuk di Indonesia. Waktu itu banyak pelajar/ Mahasiswa yang belajar di Wuhan meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk dipulangkan, bahkan Bupati Konawe Utara menyampaikan statemen akan berusaha memulangkan para Mahasiswa asal Konawe Utara apapun caranya.

Informasi pun mulai berseliweran di Medsos, ada yang mengatakan bahwa virus tersebut belum ada yang menyerang masyarakat Indonesia, bahkan para pengambil kebijakan di Negeri ini pada bulan Februari 2020 sibuk saling bantah-bantahan bahwa virus corona belum ada yang masuk di Indonesia.

Saya masih sempat berangkat dari Sorong ke Bogor melalui Jakarta pada tgl 24 Feb 2020, dan pulang pada tanggal 26 Februari 2020. saat saya di bogor informasi tentang virus dan penanganannya belumlah ada dari pemerintah, bahkan terkesan bahwa Indonesia Aman dari paparan virus corona.

Demikian pula sewaktu saya ransit di makassar, para penumpang pesawat masih seperti biasa, bahkan otoritas bandara pun tidak ada yang memberi pengumuman penggunaan Masker atau pun penggunaan alat test cepat seperti yang kita saksikan di bulan Maret- April 020.

Saya tiba di Sorong pada tgl 27 Februari 2020, dan info tentang corona makin intens di tv-tv, bahkan informasi orang terpapar virus mulai di sampaikan oleh pemerintah, bahwa ada warga bogor yang terkena virus corona saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar